PEMUDA MUHAMMADIYAH CISEENG GELAR WORKSHOP PEMBENTUKAN KOPERASI SEKALIGUS DELARASI EKONOMI UMMAT DI PEDESAAN

Sabtu, (01/09) di Aula Kantor Kecamatan Ciseeng, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Ciseeng gelar workshop pembentukan koperasi sekaligus Deklarasi Ekonomi Umat di Pedesaan. Hadir dalam kegiatan ini seluruh elemen pemuda di kecamatan ciseeng dan sekitarnya. Selain itu, hadir pula sebagai narasumber dalam kegiatan ini yaitu Zulkarnaen selaku perwakilan dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor dan Tito Siswanto selaku Akademisi dan Pendamping Ekonomi Kreatif.

Ketua PCPM Ciseeng, Ahmad Suraji dalam sambutannya, menuturkan kegiatan ini didasari atas problem sosial ekonomi di masyarakat yakni menjamurnya bank keliling atau rentenir. Melalui kegiatan ini merupakan langkah awal dari rencana kami yang ingin mendirikan Koperasi atau BMT di Ciseeng sebagai jawaban atas problem tersebut.

 

“Beberapa waktu lalu kami merumuskan untuk mendirikan koperasi di Ciseeng. Kami bertekad menghanguskan rentenir atau bank keliling yang selama ini membelenggu masyarakat. Melalui kegiatan workshop pembentukan koperasi dan deklarasi ekonomi umat di Pedesaan ini, menjadi awal niat baik kami untuk berkontribusi kepada masyarakat,” ujarnya.

 

Sementara itu, Suparman Kadamin, selaku Ketua Pelaksana kegiatan ini dan juga Ketua Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan PCPM Ciseeng, menjelaskan bahwa agenda pembentukan koperasi secepatnya akan segera direalisasikan.

 

“Setelah pelatihan ini, kami akan langsung rapat kembali, untuk menyiapkan kelembagaan koperasi yang akan kami bentuk. Setelahnya, kami akan mengajukan permohon badan hukum kepada pihak Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor. Kebetulan disampaikan oleh perwakilan Dinas yang hadir, ada program pemberian badan hukum gratis. Insya Allah kami akan mengakses itu untuk legalitas koperasi kami nanti,” jelasnya.

 

Kemudian, Ia juga menyampaikan harapannya melalui Gerakan Ekonomi Umat di Pedesaan yang dideklarasikan, menjadi sebuah wadah pengembangan ekonomi masyarakat yang mampu meningkatkan perekonomian daerah.

 

“Kami PCPM Ciseeng melalui Gerakan Ekonomi Umat di Pedesaan ini, berharap menjadi sebuah wadah gerakan pengembangan ekonomi daerah khususnya di pedesaan dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah dan melakukan pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi,” pungkasnya.

 

Adapun beberapa point dalam Deklarasi Ekonomi Umat di Pedesaan yang dibacakan oleh Suparman saat deklarasi berlangsung, diantaranya:

  1. Mengembangkan potensi perekonomian daerah khususnya di pedesaan melalui sistem ekonomi yang adil, merata, dan mandiri dalam mengatasi kesenjangan ekonomi daerah, dalam hal ini kabupaten bogor umumnya dan kecamatan ciseeng khususnya,.
  2. Mendorong dan mempercepat optimalisasi sumber daya alam secara arif dan keberlanjutan di pedesaan serta memperkuat sumber daya manusia di pedesaan yang kompeten dan berdaya saing tinggi berbasis keunggulan iptek, inovasi, dan kewirausahaan.
  3. Menggerakkan koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) menjadi pelaku usaha utama ekonomi daerah khususnya di pedesaan serta mewujudkan mitra sejajar usaha besar dengan koperasi, umkm dalam sistem produksi dan pasar yang terintegrasi.
  4. Mengembangkan lembaga mikro ekonomi syariah dalam perekonomian daerah khususnya di pedesaan.

Share this post

pcpmciseeng

Pemuda Muhammadiyah Ciseeng

No comments

Add yours